Rabu, 16 Desember 2009

Kesegaran Jasmani dalam Arti yang Tepat

Sumber: Menuju HIdup Sehat dan Segar 1

Berbicara mengenai kesegaran jasmani, biasanya perhatian selalu dipusatkan kepada perkembangan otot yang hebat. kita semua tentunya sependapat, bahwa otot yang demikian memang menyenangkan untuk dipandang karena memancarkan kekuatan yang terselubung di dalamnya. akan tetapi, semua itu tidaklah mutlak menjadi faktor utama dari apa yang kita namakan kesegaran jasmani dalam arti yang sebenarnya. oleh karena itu, dirasa perlu untuk mengemukakan ketentuan-ketentuan bagi pengertian "segar" seperti berikut:

1. Kemampuan Kerja Fisik yang Memuaskan
Adapun tenaga (energi) yang dipergunakan untuk melakukan kerja fisik berasal dari proses pembakaran (oksigen dan zat makanan) dalam sel-sel dari bagian tubuh yang terlibat pada pekerjaan tersebut. proses ini disebut metabolisme dan derajat maksimal dari metabolisme inilah yang menentukan bobot kerja yang dapat dilakukan seseorang. Daripada itu, kapasitas metaoblik seseorang tergantung kepada kemampuannya untuk menyalurkan oksigen ke otot-otot dan sebagaimana telah kita ketahui, kemampuan tersebut terletak pula pada efisiensi dari jantung, pernapasan, sistem peredaran darah, dan otot.

2. Berat Badan yang Normal
sangat penting sekali untuk mempertahankan berat badan yang benar (serasi). Mempergunakan "tabel tinggi-berat badan" yang sudah ada, dapat saja dijadikan pegangan, akan tetapi mungkin pula menyesatkan bagi bentuk tubuh tertentu. Satu metode yang lebih berarti untuk menentukan apakah seseorang kegemukan, ialah dengan jalan melakukan "tes jepit". Lipatan kulit di samping bawah pusat dijepit dengan ibu jari dan telunjuk. Tebal lipatan kulit tersebut seharusnya tidak boleh dari 1 inci atau 2,5 cm.

3. Fleksibilitas
Luas gerak dari persendian-persendian tubuh yang umumnya disebut kelentukan (flesibilitas) merupakan komponen penting pada gerak kerja, baik di bidang olahraga maupun dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mampu Mengurangi Ketegangan
Dewasa ini kita lebih banyak menghadapi tekanan daripada beberapa tahun yang lalu, maka dengan sendirinya kemampuan untuk dapat mengurangi ketegangan makin menjadi penting dalam kehidupan kita. Rupanya latihan fisik dapat menunjang kemampuan ini dengan jalan meredakan tekanan pada sistem saraf dan otot.

Setiap program latihan fisik yang dijalankan dengan sukses akan membawa perkembangan bagi faktor-faktor tersebut di atas. Penekanannya harus tertuju kepada latihan-latihan ritmis (berirama) yang dapat melibatkan kelompok-kelompok otot besar. Dari itu, program latihan hendaklah dipusatkan kepada berjalan, lari, renang dan bersepeda.

Selanjutnya, kegiatan tersebut tidak saja merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesegaran jantung dan paru-paru, akan tetapi juga mengurangi ketambunan (buncit) yang tidak sehat dan tidak disenangi semua orang. Selain dari itu, dapat pula meningkatkan tegangan (tonus) dari otot-otot tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar