Selasa, 15 Desember 2009

Bersikap Sedang dalam Melaksanakan Sunnah Lebih Baik dari Bersungguh-Sungguh dalam Bid'ah

Ini adalah ungkapan yang masyhur yang diucapkan oleh sebagian sahabat, diantaranya adalah: Abu Darda dan Abdullah bin Mas'ud sebagaimana disebutkan dalam kitab Syarah Ushul I'tiqad Ahlussunnah wal jama'ah no 114 &115.

Dan dalam kitab Al hujjah fi bayanil manhajjah (1/11) Ubay bin Ka'ab berkata,"Sesungguhnya bersikap sedang di jalan Allah dan sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh dalam perkara yang menyelisihi jalan dan sunnah, maka lihatlah amalmu dalam kesungguhan dan bersikap sedang, hendaklah ia sesuai dengan manhaj para Nabi dan sunnah mereka.

Para sahabat dan tabi'in telah mempraktekkan kaidah ini dengan praktik yang detail, mereka sangat bersemangat dalam mengikuti sunnah walaupun pada amal yang sedikit, mereka meninggalkan bid'ah dan lari menjauh darinya, walaupun dikira oleh orang lain bahwa pada bid'ah tersebut ada tambahan kebaikan.

Abu Ahwash Sallam bin Sulaim pernah berkata pada dirinya,"Wahai Sallam, tidur di atas sunnah lebih baik daripada bangun di atas bid'ah".

Karena setiap amal yang bid'ah tidak akan diterima oleh Allah Ta'ala, sebagaimana dalam hadits, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
"Barang siapa yang beramal dengan suatu amal yang tidak ada asalnya dari perintah kami maka amal tersebut tertolak".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar